Tentang Andoid

Postingan awal blog saya ini, saya akan menulis Tentang Sejarah singkat sistem operasi Android. Saat ini sudah banyak sekali orang yang menggunakan smartphone dengan sistem operasi ini.
Tentang android sendiri, sudah dari awal perancangan telah terpasang pada perangkat mobile touchscreen seperti telepon pintar dan komputer tablet. Jadi Android adalah suatu sistem operasi yang berjalan pada smartphone saat ini dan menyesuaikan spesifikasi dikelas low-end hingga hight-end.
Hampir semua vendor saat ini mengembangkan produknya dengan sistem operasi Android, karena peminatnya yang semakin meningkat.

Seiring perkembangan jaman tentu kita sebagai manusia butuh peralatan yang canggih dan efisien untuk keperluan sehari-hari. Oleh karena itu ada baiknya anda mulai menggunakan perangkat dengan sistem operasi ini, karena teknologi androidpun sudah berkembang pesat dan ini sangat saya sarankan mengenai kelebihan dan kekurangan android akan saya bahas dibawah.


Sejarah Android

Android adalah sistem operasi berbasis linux yang dirancang untuk perangkat seluler layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android awalnya dikembangkan oleh Android, Inc., dengan dukungan finansial dari Google, yang kemudian membelinya pada tahun 2005. Sistem operasi ini dirilis secara resmi pada tahun 2007, bersamaan dengan didirikannya Open Handset Alliance, konsorsium dari perusahan-perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomunikasi yang bertujuan untuk memajukan standar terbuka perangkat seluler.

Smartphone yang tersedia untuk publik pertama kalinya yang menjalankan sistem Android adalah HTC Dream, yang dirilis pada 22 Oktober 2008, sudah tentu anda yang belum tau pasti menduga bahwa Samsung adalah smartphone Android yang pertama kali keluar, Benar kan..??hehehe

Antarmuka pengguna Android didasarkan pada manipulasi langsung, menggunakan masukan sentuh yang serupa dengan tindakan didunia nyata, seperti menggesek, mengetuk, mencubit, dan membalikan cubitan untuk memanipulasi obyek dilayar. Android adalah sistem operasi dengan sumber terbuka, dan Google merilis kodenya dibawah lisensi Apache. Kode dengan sumber terbuka dan lisensi perijinan pada Android memungkinkan perangkat lunak untuk dimodifikasi secara bebas dan didistribusikan oleh para pembuat perangkat, operator nirkabel, dan pengembang aplikasi. Selain itu, Android memiliki sejumlah besar komunitas pengembang aplikasi (apps) yang memperluas fungsionalitas perangkat, umumnya ditulis dalam versi kostumisasi bahasa pemograman Java. Pada bulan Oktober 2012, ada sekitar 700.000 aplikasi yang tersedia untuk Android, dan sekitar 25juta aplikasi telah diunduh dari Google Play, toko aplikasi utama Android. Sebuah survey pada bulan April-Mei 2013 menemukan bahwa Android adalah pltform paling populer bagi para pengembang, digunakan oleh 71% pengembang aplikasi seluler.

Faktor-faktor diatas telah memberikan kontribusi terhadap perkembangan Android, menjadikannya sebagai sistem operasi telepon pintar yang paling banyak digunakan di dunia, mengalahkan pada tahun 2010. Android juga menjadi pilihan bagi perusahaan teknologi yang menginginkan sistem operasi berbiaya rendah, bisa dikustomisasi, dan ringan untuk perangkat berteknologi tinggi tanpa harus mengembangkannya dari awal. Akibatnya, meskipun pada awalnya sistem operasi ini dirancang khusus untuk telepon pintar dan tablet, Android juga dikembangkan menjadi aplikasi tambahan di televisi, konsol permainan, kamera digital, dan perangkat elektronik lainnya. Sifat Android yang terbuka telah mendorong munculnya sejumlah besar komunitas pengembang aplikasi untuk menggunakan kode sumber terbuka sebagai dasar proyek pembuatan aplikasi, dengan menambahkan fitur-fitur baru bagi pengguna tingkat lanjut atau mengoperasikan Android pada perangkat yang secara resmi dirilis dengan menggunakan sistem operasi lain.

Pada November 2013, Android menguasai pangsa pasar telepon pintar global, yang dipimpin oleh produk-produk Samsung, dengan persentase 64% pada bulan maret 2013. Pada bulan Juli 2013, terdapat 11.868 perangkat Android berbeda dengan beragam versi. Keberhasilan sistem operasi ini juga menjadikannya sebagai target ligitasi paten "perang telepon pintar" antar perusahaan-perusahaan teknologi. Hingga bulan Mei 2013, total 900juta perangkat Android telah diaktifkan di seluruh dunia, dan 48 miliar aplikasi telah dipasang dari Google Play. Pada tanggal 3 September 2013, 1 miliar perangkat Android telah diaktifkan.

Kelebihan atau Keunggulan Android

Sepertinya hampir semua tahu apa saja Kelebihan dan Kekurangn dari Android ini, tapi tidak ada salahnya kan jika saya bahas disini

  • User Friendly - Kalimat ini sangat melekat pada sistem operasi Windows milik Microsoft, ibaratnya kita dengan sangat mudah mengoperasikan komputer hanya dengan belajar beberapa hari bahkan beberapa jam saja, dan ini juga melekat pada Android yang berjalan pada telepon pintar.
  • Notifications - Anda dengan sangat mudah mendapatkan notifikasi dari telepon pintar Android dengan mengatur beberapa akun Email, SMS, Voice Dial, Update dan lain sebagainya.
  • Tampilan - Dari segi tampilan, Android tidak kalah bagusnya dari iOs Milik Apple, karena memang dari awal Android hampir mengusung teknologi iOs, hanya saja ini versi murahnya.
  • Open Source - Operasi sistem ini memang dibuat sumber terbuka oleh penciptanya, karena memang berbasis Linux. Jadi jangan kaget jika diluar sana ada banyak sekali Custom Rom untuk masing-masing perangkat Android.
  • Aplikasi - Untuk aplikas anda akan disajikan jutaan pilihan aplikasi yang menarik dari yang geratis hingga berbayar,dan anda bisa mengunduhnya di Google Play.
  • DLL - Dan masih banyak lagi kelebihan dan fitur yang dimiliki Android, dan anda bisa mengembangkannya sesuai dengan keinginan anda.

Kekurangan atau Kelemahan Android

  • Update System - Untuk melakukan Update sistem tidaklah mudah, anda harus menunggu dari masing-masing vendor untuk merilis update versi yang terbaru.
  • Batterai Cepat Habis - Ini sangat sering terjadi apabila anda menyalakan paket data dan menggunakan banyak widget serta aplikasi yang berjalan secara berlebihan, untuk mengatasinya anda harus mengurangi aktivitas aplikasi pada telepone pintar anda.
  • Lemot atau Lag - Kalau yang ini ada kaitannya dengan spesifikasi dari masing-masing perangkat, namun ada kalanya Android ini tidak bersahabat dengan beberapa aplikasi dikarenakan RAM ataupun Prosessornya yang kurang memadai, jadi sesuaikan aplikasi dengan perangkatnya.

Sekian saja artikel dari saya, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda tentang Android, jika ada pertanyaan atau tambahan bisa kontak saya atau langsung berikan komentar dibawah.
Terima kasih dan sampai jumpa di artikel saya selanjutnya.
Post a Comment